Minggu, 23 November 2014

makalah agama islam ibadah dan syariat




NAMA AHMAD RIADI
UNUVERSITAS CIKROAMINOTO PALOPO
JURUSAN PERTANIAN
BAB I
PENDAHULUAN

                                 
Kehidupan manusia di dunia merupakan anugerah dari Allah SWT. Dengan segala pemberian-Nya manusia dapat mengecap segala kenikmatan yang bisa dirasakan oleh dirinya. Tapi dengan anugerah tersebut kadangkala manusia lupa akan dzat Allah SWT yang telah memberikannya. Untuk hal tersebut manusia harus mendapatkan suatu bimbingan sehingga di dalam kehidupannya dapat berbuat sesuai dengan bimbingan Allah SWT. Hidup yang dibimbing syariah akan melahirkan kesadaran untuk berprilaku yang sesuai dengan tuntutan dan tuntunan Allah dan Rasulnya yang tergambar dalam hukum Allah yang Normatif dan Deskriptif (Quraniyah dan Kauniyah).
                 Sebagian dari syariat terdapat aturan tentang ibadah, baik ibadah khusus maupun ibadah umum. Sumber syariat adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah, sedangkan hal-hal yang belum diatur secara pasti di dalam kedua sumber tersebut digunakan ra’yu (Ijtihad). Syariat dapat dilaksanakan apabila pada diri seseorang telah tertanam Aqidah atau keimanan. Semoga dengan bimbingan syariah hidup kita akan selamat dunia dan akhirat.

B.Rumusan Masalah
A.     Apakah yang dimaksud dengan Syariah
B. Apakah yang dimaksud dengan Ibadah
C. Ruang lingkup Syariah
D. Sumber-sumber Syariah

C.Tujuan
1.Tujuan umum
       Secara umum pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang Ibadah dan Syariah
 2.Tujuan khusus
       Tujuan khusus pembuatan makalah ini yaitu untuk mengikuti prosedur pengajaran dalam mata pelajaran Agama Islam .














BAB II
PEMBAHASAN

SYARIAH

A.     Pengertian Syariah


Syari’ah adalah sebutan terhadap pokok ajaran Allah dan Rasulnya yang merupakan jalan atau pedoman hidup manusia dalam melakukan hubungan vertical kepada Pencipta, Allah SWT, dan juga kepada sesama manusia. Allah SWT Berfirman


……………………………………………………………………………………..….……..

………………………………………………………………………………………………

“kemudian Kami jadikan kamu berada diatas syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariatitu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahu.” (Q.S. Al-Jatsiyah:18).

Ada dua pendekatan dalam mendefinisikan Syari’ah, yaitu antara lain:
Dari segi tujuan, Syari’ah memiliki pengertian ajaran yang menjaga kehormatan manusia sebagai makhluk termulia dengan memelihara atau menjamin lima hal penting, yaitu:

a)      Menjamin kebebasan beragama (Berketuhanan Yang Maha Esa)
b)      Menjamin kehiupan yang layak (memelihara jiwa)
c)      Menjamin kelangsungan hidup keluarga (menjaga keturunan)
d)      Menjamin kebebasan berpikir (memelihara akal)
e)      Menjamin kehidupan dengan tersedianya lapangan kerja yang pantas (memelihara harta)
Lima hal pemeliharaan itu akan menjadi ukuran dari lima hukum Islam, seperti wajib, sunnat, haram, makruh, dan mubah.
Ditinjau dari segi klasifikasi.
Untuk memahami hal ini, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui arti dari Ibadah dan Muamalah itu sendiri. Ibadah.
Berikut di bawah ini adalah pengertian dari Ibadah, menurut Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.








B.      Ruang Lingkup Syariah


Ruang lingkup syariah lain mencakup peraturan-peraturan sebagai berikut :
1. Ibadah, yaitu peraturan-peraturan yang mengatur hubungan langsung dengan Allah SWT (ritual), yang terdiri dari :
a. Rukun Islam : mengucapkan syahadat, mengerjakan shalat, zakat, puasa, dan haji.
b. Ibadah lainnya yang berhubungan dengan rumun Islam.
1. Badani (bersifat fisik) : bersuci meliputi wudlu, mandi, tayamum, pengaturan menghilangkan najis, peraturan air, istinja, adzan, qomat, I’tikaf, do’a, sholawat, umroh, tasbih, istighfar, khitan, pengurusan mayit, dan lain-lain.
2. Mali (bersifat harta) : qurban, aqiqah, alhadyu, sidqah, wakaf, fidyah, hibbah, dan lain-lain.
2. Muamalah, yaitu peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan yang lainnya dalam hal tukar-menukar harta (jual beli dan yang searti), diantaranya : dagang, pinjam-meminjam, sewa-menyewa, kerja sama dagang, simpanan, penemuan, pengupahan, rampasan perang, utang-piutang, pungutan, warisan, wasiat, nafkah, titipan, jizah, pesanan, dan lain-lain.
3. Munakahat, yaitu peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan orang lain dalam hubungan berkeluarga (nikah, dan yang berhubungan dengannya), diantaranya : perkawinan, perceraian, pengaturan nafkah, penyusunan, memelihara anak, pergaulan suami istri, mas kawin, berkabung dari suami yang wafat, meminang, khulu’, li’am dzilar, ilam walimah, wasiyat, dan lain-lain.
4. Jinayat, yaitu peraturan yang menyangkut pidana, diantaranya : qishsash, diyat, kifarat, pembunuhan, zinah, minuman keras, murtad, khianat dalam perjuangan, kesaksian dan lain-lain.
5. Siyasa, yaitu yang menyangkut masalah-masalah kemasyarakatan (politik), diantaranya : ukhuwa (persaudaraan) musyawarah (persamaan), ‘adalah (keadilan), ta’awun (tolong menolong), tasamu (toleransi), takafulul ijtimah (tanggung jawab sosial), zi’amah (kepemimpinan) pemerintahan dan lain-lain.
6. Akhlak, yaitu yang mengatur sikap hidup pribadi, diantaranya : syukur, sabar, tawadlu, (rendah hati), pemaaf, tawakal, istiqomah (konsekwen), syaja’ah (berani), birrul walidain (berbuat baik pada ayah ibu), dan lain-lain.
7. Peraturan-peraturan lainnya seperti : makanan, minuman, sembelihan, berburu, nazar, pemberantasan kemiskinan, pemeliharaan anak yatim, mesjid, da’wah, perang, dan lain-lain.



IBADAH

Ibadah secara bahasa (etimologi) berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut syara’ (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah:
1.      Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.
2.       Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.
3.       Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin.
Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Allah berfirman:


…………………………………………………………………………………………………

“Artinya : Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah  
Adz-Dzaariyaat : 56].
            Allah SWT. memberitahukan hikmah penciptaan jin dan manusia adalah agar mereka agar mereka melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.dan Allah SWT. Maha Kaya, tidak membutuhkan ibadah mereka, akan tetapi mereka yang membutukan-Nya. Karena ketergantungan mereka kepada Allah SWT. maka mereka menyembah-Nya sesuai aturan syari’at-Nya. Maka siapa yang menolak ibadah kepada Allah SWT. ia adalah sombong. Siapa yang menyembah-Nya tetapi dengan selain apa yang disyari’atkan maka ia adalah mubtadi (pelaku bid’ah). Dan siapa yang hanya menyembah-Nya dan dengan syari’at-Nya, maka dia adalah mukmin muwahhid (yang mengesakan Allah).
            Ibadah itu terbagi menjadi ibadah hati, lisan dan anggota badan. Rasa khauf (takut), raja’ (mengharap), mahabbah (cinta), tawakal (ketergantungan), raghbah (senang), dan rahbah (takut) adalah qalbiyah (yang berkaitan dengan hati). Sedangkan shalat, zakat, haji dan jihad adalah ibadah badaniyah qalbiyah (fisik dan hati).




Ibadah ada dua macam yaitu :
1. Ibadah Maghdhah (khusus)
yaitu ibadah yang ditentukan cara dan syaratnya secara detil dan biasanya bersifat ritus. Misalnya : shalat, zakat, puasa, haji, qurban, aqiqah. Ibadah jenis ini tidak banyak jumlahnya.
2. Ibadah ‘Amah (Muamalah)
Yaitu ibadah dalam arti umum, segala perbuatan baik manusia. Ibadah ini tidak ditentukan cara dan syarat secara detil, diserahkan kepada manusia sendiri. Islam hanya memberi perintah/anjuran, dan prisnip-prinsip umum saja. Ibadah dalam arti umum misalnya : menyantuni fakir-miskin, mencari nafkah, bertetangga, bernegara, tolong-menolong, dll.
Sesuatu akan bernilai ibadah, jika memenuhi persyaratan :
1. Iman kepada Allah dan Hari akhir .Karenanya amal orang kafir seperti fatamorgana.
2. Didasari niat ikhlas (murni) karena Allah, sebagaimana hadis :
Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. dan bagi segala sesuatu tergantung dari apa yang ia niatkan.
3. Dilakukan sesuai dengan petunjuk Allah.
Untuk ibadah maghdhah : harus sesuai dengan petunjuk Al-Quran dan Hadis, Kreativitas justru dilarang. Sehingga berlaku prinsip ” Segala sesuatu dilarang, kecuali yang diperintahkan”. Kita dilarang membuat paham-paham baru yang tidak ada dasarnya.
Untuk mu’amalah : harus sesuai dengan jiwa dan prinsip- prinsip ajaran Islam. Pelaksanaannya justru memerlukan kreativitas manusia. Sehingga berlaku prinsip ” Segala-sesuatu boleh, kecuali yang dilarang”
Ibadah pada dasarnya merupakan pembinaan diri menuju taqwa. Setiap upaya ibadah memiliki pengaruh positif terhadap keimanan, lawanya adalah maksiat yang berpengaruh negatif terhadap keimanan.
Iman bertambah dan berkurang. Bertambahnya iman dengan ibadah, berkurang karena ma’syiat (Hadis)
Setiap ibadah juga memiliki hikmah/tujuan-tujuan mulia, seperti :
– Shalat mencegah perbuatan keji dan mungkar.
– Puasa untuk mencapai taqwa.
– Zakat untuk mensucikan harta dan jiwa dari sifat kikir dan tamak.
– Haji sebagai sarana pendidikan untuk menahan diri dari perkataan dan perbuatan kotor.
Selain itu juga memiliki keluasan dan keutamaan-keutamaan.
Prinsip-prinsip Pelaksanan Ibadah
  1. Hanya Allah yang berhak disembah: Al-Qur'an telah banyak mengemukakan penegasan bahwa ruh akidah Islam adalah tauhid yakni meng-Esa-kan Allah secara mutlak. Islam memberikan kesaksian bahwa "tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya". Surah Al-Fatikhah mengajarkan bahwa Allahlah yang berhak disembah dan diminta pertolongan :
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
"Hanya kepada Engkaulah kami menyebah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. "(Q.S. Al-Fatikhah [1] : 5)

  1. Melakukan ibadah tanpa perantara [wasilah]: Dalam perjalanan hidupnya, manusia sering membuat kerusakan di muka bumi dan kerusakan atas agama. Sesungguhnya agama mengangkat manusia kepada derajad yang mulia. Namun demikian, orang awam mempunyai anggapan bahwa untuk memohon kepada Tuhan tidak dapat dilakukan secara langsung. Hanya ahli agamalah yang dapat melakukan hubungan langsung dengan Tuhan. Islam hadir untuk mengembalikan ajaran agama yang murni berasal dari wahyu Allah. Hubungan manusia dengan Allah tidak perlu menggunakan perantara apapun. lbadah dan doa dapat dilakukan langsung antara manusia dengan Tuhan. Firman Allah dalam surah Al-Baqoroh ayat 186 :
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ...
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tenfang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat". (Q.S. Al-Baqoroh [2]: 186).
أَلا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan Kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang peqdusta dan sangat ingkar. (QS. Az-Zumar : 3)

  1. Ikhlas sebagai sendi ibadah yang akan diterima disisi Allah : Ikhlas adalah merupakan niat hati yang murni dan suci hanya untuk memperoleh keridaan Allah semata. Hanya ibadah yang disertai hati yang ikhlas yang diterima Allah. Hakekat ibadah bukanlah gerak lahiriyah, tetapi aspek batin dan hati yang ikhlas dan murni. Diterangkan dalam surah Az-Zumar [39]:10-11:
قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ (10) قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ (11)
Katakanlah [Muhammad], `Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu,' bagi orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dann bumi Allah itu sangat luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas. [10]. Katakanlah, sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Allah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama. (Q.S: Az-Zumar [39]: 10-11).

  1. Ibadah sesuai dengan tuntunan Allah dan Rosul-Nya; Ibadah seseorang hamba Allah sudah ditetapkan tuntunannya dan dia harus menunaikan sesuai dengan cara-cara yang telah ditetapkan syara'. Manusia tidak berhak mengurangi atau menambahnya. Sabda Rosulullah :"Salatlah kalian seperti melihat aku salat" (H.R. Bukhori). Keterangan mengenai salat nabi dijelaskan melalui Hadis­Haditsnya. Dan tata cara salat harus mengikuti tuntunan nabi, tidak boleh menambah atau menguranginya, misalnya salat subuh dua rakaat tidak boleh ditambah menjadi 3 rakaat.

  1. Memelihara keseimbangan dalam beribadah; Islam memberikan pedoman kepada manusia dalam mengarungi kehidupan dan menjamin kesejahteraan didunia dan diakhirat, jasmani dan rohani. Peribadatan yang dilakukan tidak boleh melupakan pekerjaan hidup dan tanggung jawabnya sebagai insane didunia. Jasmani kita memiliki hak, keluarga, masyarakat dan diri kitapun memiliki hak. Jadi, tidak benar juga melakukan peribadatan secara terus­menerus tanpa melakukan untuk kepentingan hidup


C. Sumber-Sumber Syariah
1. Al-Qur’an, kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan merupakan Undang-Undang yang sebagian besar berisi hukum-hukum pokok.
Menurut bahasa, Quran berarti bacaan (dari kata qoroa : membaca). Al-Quran adalah kumpulan wahyu Allah SWT, yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang di himpun dalam sebuah Kitab Suci yang menjadi pegangan manusia.
Dalam hubungannya dengan risalah Nabi Muhammad SAW, Al-Quran berfungsi sebagai mu’jizat yaitu berfungsi melemahkan argumentasi orang yang menentang kerasullan Muhammad dan kebesaran Islam. Firman Allah ;

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………                                               
“Katakanlah” Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al-Quran ini niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan di, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain. “(Q.S. Al. Israa:88)

Al-Quran terdiri dari 114 surat yang turun dimekah dan dimadina. Yang turun di mekah (disebut Makkiyah), dan yang turun dimadinah (disebut Madaniyyah). Jumlah ayat Al-Quran sekitar 6.660 ayat, tapi ada yang berpendapat 6236 ayat. Perbedaan ini akibat adanya perbedaan membagi ayat dan permulaan menghitung, sedangkan keseluruan isinya tetap.
           

2. Al-Hadist (As-Sunnah), sumber hukum kedua yang memberikan penjelasan dan rincian terhadap hukum-hukum Al-Qur’an yang bersifat umum.
Sunah adalah sumber hukum islam (pedoma hidup  kaum muslimin yang kedua setelah Al-Quran) sebagai sumber hukum yang kedua, As-Sunah lebih banyak berfungsi untuk menjelaskan atau menafsirkan ayat-ayat Al-Quran.

Perbedaan antara Al-Quran dan Al-Hadits sebagsi Sumber Hukum                                     
a)      Al-Quran, nilai kebenarannya adalah qath’I (absolut), sedangkan sebagai Al-Hadits adalahdhanni (hipokretis) yang memerlukan pembuktian dan pembenaran dari Al-Quran.
b)      Seluruh ayat Al-Quran mesti dijadikan sebagai pedoman hidup. Tetapi tidak semua Hadits mesti kita jadikan sebagai pedoman hidup.
c)      Al-Quran autentik lafadz dan maknanya, sedangkan hadits tidak selurunya autentik.
d)     Apabila Al-Quran, berbicara tentang masalah-masalah akidah atau hal-hal yang gaip maka setiap Muslim wajib mengimaninya. Sedangkan apabila diterangkan oleh Hadits tidak seluruhnya dapat diimani.




Sejarah Singkat Perkembangan Al-Hdits
            Pada zaman Rasulullah SAW, Al-Hadits pada dasarnya tidak diperintahkan untukmenuliskan bahkan rasul pernah melarangnya, kecuali sahabat-sahabat tertentu yng diizinkan beliauuntuk catatan pribadi. Baru pada zaman Umar bin Abdul Aziz, khalifah ke-8 dari dinasti bani Ummayah (99 – 10 H) timbul inisiatif secara resmi untuk menulis dan membukukan Hadits itu.

           



Perkembangan Ilmu Hadits
            Ilmu Hadits yang kemudian populer dengan Ilmu Musthlah.
Secara gari besarnya ilmu Hadits terbagi menjadi dua macam, yaitu ; Ilmu Hadits Riwayatan dan Ilmu Hadits Dirayatan. Ilmu Hadits Dirayatan membahas Hadits dari segi diterima atau tidaknya, sedangkan Ilmu Hadits Riwayatan membahas materi hadits itu sendiri.

Sabda Nabi s.a.w. :
تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ
(موطأ مالك)

Maksudnya : “Aku tinggalkan kepada kamu semua dua perkara, yang kalau kamu berpegang dengan kamu tidak mungkin sesat, kedua-duanya itu ialah Kitabullah (al-Quran) dan sunnah Rasul


3. Ra’yu (Ijtihad), upaya para ahli mengkaji Al-Qur’an dan As-Sunnah untuk menetapkan hukum yang belum ditetapkan secara pasti dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. 
Ar-ra’yu berasal dari kata ra’a yang berarti melihat, maka kata ra’yu dapat diartikan sebagai penglihatan. Akan tetapi yang dimaksud dengan penglihatan disini ialah penglihatan akal, bukan penglihatan mata, meskipun penglihatan mata seringkali sebagai alat bantu terbentuknya penglihatan akal, sebagaimana halnya pendengaran, perabaan, perasaan, dan lain sebainya.








BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN

      Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Syariah dan ibadah ini merupakan 2 hal yang saling berkaitan. Syariah  mengatur hidup manusia sebagai individu, yaitu hamba Allah yang harus taat, tunduk, dan patuh kepada Allah. Ketaatan, ketundukkan, dan kepatuhan kepada Allah, dibuktikan dalam bentuk pelaksanaan ibadah yang tata caranya diatur sedemikian rupa oleh syariah Islam. Segala ibadah harus sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh syariah, tidak boleh ditambah apalagi dikurangi.
                Syari’ah adalah sebutan terhadap pokok ajaran Allah dan Rasulnya yang merupakan jalan atau pedoman hidup manusia dalam melakukan hubungan vertical kepada Pencipta, Allah SWT, dan juga kepada sesame manusia.
Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. 
            Syariah Islam memberikan tuntunan hidup khususnya pada umat Islam dan umumnya pada seluruh umat manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan demikian Syariah Islam dapat terus menerus memberikan dasar spiritual bagi umat Islam dalam menyongsong setiap perubahan yang terjadi di masyarakat dalam semua aspek kehidupan.
Syariah Islam dalam muamalah senantiasa mendorong penyebaran manfaat bagi semua pihak, menghindari saling merugikan, mencegah perselisihan dan kesewenangan dari pihak yang kuat atas pihak-pihak yang lemah. Dengan dikembangkannya muamalah berdasarkan syariah Islam akan lahir masyarakat marhamah, yaitu masyarakat yang penuh rahmat
.



B.     SARAN
Penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca guna perbaikan dimasa yang akan datang.  



DAFTAR PUSTAKA
Buku pendidikan Agama Islam (universitas cokroaminoto palopo)
slamet-wiharto .(2009).Tersedia: http://slamet-wiharto.blogspot.com[24 November 2010]
efay (2007). Tersedia:http://efay.wordpress.com[23 November 2010]


62 komentar:

  1. Norton AntiVirus is an anti-virus and anti-malware software product, developed and distributed by Symantec Corporation since 1991 as part of its Norton family of computer security products. norton.com/setup
    It uses signatures and heuristics to identify viruses.

    BalasHapus
  2. office setup is the best programming which is broadly utilized in globe .It is an amazing administration that causes you release your best thoughts, complete things, and remain associated on the go.for more subtleties visit: office.com/setup today.

    BalasHapus
  3. McAfee inception with Mcafee antivirus gives all-mcafee.com/activate around protection blocking all the bothersome perils, malware disease which can hurt your PC.

    BalasHapus
  4. Roku gathers data from devices you use to get to our services roku.com/link
    similar to your IP addresses, device identifiers, search and review history, and other use data.if you want more information about roku link click here.

    BalasHapus
  5. McAfee helps organizations orchestrate a truly integrated cyber environment that simultaneously protects, identifies and enhances security threats. For consumers, mcafee.com/activate McAfee protects your device at home and abroad from viruses, malware and other threats.

    BalasHapus
  6. Activate roku device Follow the Quick Start Guide that accompanied your Roku gadget. For extra help setting up your Roku gadget, roku.com/link
    visit the Setup and Troubleshooting segment of the Roku site given above.

    BalasHapus
  7. roku.com/link this is least problematic approach to manage stream impelling to your TV. On your terms. With a significant number of accessible channels to explore roku.com/link for more details.visit: today

    BalasHapus
  8. The simpletest way to enjoy the large variety of streaming channels on your TV can be available at roku.com/link
    Roku provide great and large variety of streaming channels and other features at its best.

    BalasHapus
  9. With mcafee.com/activate
    you can prevent devices and network against threats like malware, worms, spyware and runs in the background and does not cause any problem nor slows down the computer.

    BalasHapus
  10. mcafee antivirus is widely used aantivirus helps to detect and neutralize computer virus, the mail worms,the trojan programs,and also helps your system free of virus and other malware is quite a daily challenge. for more details visit mcafee.com/activate
    here.

    BalasHapus
  11. webroot is a light weighted software,install extreme digital security at webroot safe or at webroot safe introduce ,webroot.com/safe click here to download webroot safe.

    BalasHapus
  12. When you get the Office setup from the official site, you additionally get an email with the 25-digit item key. webroot.com/safe
    That specific key is basic in the initiation procedure of the Office item. Peruse the underneath given enactment direct accurately to actuate your Office setup.

    BalasHapus
  13. webroot cyber security is a ultimate internet security suite for complete protection against today's diverse range of threat on windows. key features are 100% secure secure shopping, 1 click virus scanning, malicious website filtering, unblock antivirus. webroot.com/safe
    if you want to install it then visit our site:

    BalasHapus
  14. Norton offers support to install the software on the computer same way we, here at superb support offers premium services norton.com/setup to support the user to install Norton and other antivirus programs and other computer related issues.

    BalasHapus
  15. Click on webroot.com/safe to download your Webroot antivirus product and also get Webroot Installation Help at webroot safe Support Help.

    BalasHapus
  16. Roku spilling players need web access to roku link code stream content. They utilize remote to interface with your home system.

    BalasHapus
  17. McAfee thing in citation is an antivirus program. this mcafee.com/activate program secure your PC with tainting so you can display it. to see significantly more please visit our site .

    BalasHapus
  18. Present mcafee thing with no issue. We give best foundation advantage from mcafee.com/activate today.

    BalasHapus
  19. Activate mcafee antivirus with the www.mcafee.com/activate highly professional tech team and get rid of antivirus from computer cilck the link for more details.

    BalasHapus
  20. Create or Sign in to your Mcafee account, download, install and enter Mcafee 25 digit activation code to Activate Mcafee through and secure your PC from viruses and malware.

    BalasHapus

  21. McAfee thing in citation is an antivirus program. this program www.mcafee.com/activate secure your PC with tainting so you can display it. to see significantly more please visit our site .

    BalasHapus
  22. Norton web security is generally utilized antivirus gives the least demanding to utilize and most intutive assurance for your PC and your mobiles.Install the norton.com/setup on your Android gadget and disregard viruses,spyware,root-units, programmers.



    BalasHapus
  23. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: webroot safe install for installing webroot.






    BalasHapus
  24. If you want to activate the hulu.com/activate , you need to follow the instructions given below. Make use of the and Streaming Channel option.

    BalasHapus
  25. Create your roku.com/link account to stream all your favorite shows online, setup Roku with Roku link code through So that you can search and play various movies and TV shows

    BalasHapus

  26. If your purchase of Office came with a product key, you enter your product key on one of the websites listed below for your version of Office. office setupAfter you enter your key, you can download and install Office, through or you can renew your Office 365 subscription.

    BalasHapus

  27. Microsoft Office is an application software. It is used in most of the businesses and organizations Install www.office.com/setupon your Pc's to get best advantage of it. mostly used tasks are ms-word, Ms-excel and Ms-powerpoint.

    BalasHapus
  28. Webroot SecureAnywhereMobile Free keeps you secure when perusing, shopping, and depending on your Android gadget. This application webroot.com/safe utilizes the Device Administrator authorization.









    BalasHapus
  29. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: webroot.com/safe for installing webroot.


    BalasHapus
  30. Download, install and activate your Webroot product. Visit and enter the activation webroot safe install code to protect your devices.

    BalasHapus
  31. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: www.webroot.com/safe for installing webroot.











    BalasHapus
  32. Get your office.com/setup from Ms office is a new sensation in the market that left every body awestruck with its best products.

    BalasHapus
  33. Install avg.com/retail Antivirus in Minutes on protects forever. After purchasing AVG Antivirus users need to open on the browser.

    BalasHapus
  34. Download and install avg.com/retail by visiting & use avg activation code to activate avg. Steps to install avg with license number

    BalasHapus
  35. AVG AntiVirus is designed to keep critical data and files safe, avg.com/retail private, and out of the hands of hackers.



    BalasHapus
  36. System Mechanic is the essential PC performance package that helps you automatically fix and speed up your PC. System Mechanic is the most effective way to restore and maintain maximum PC speed and stability. system mechanic To install the most current version of System Mechanic Ultimate Defense, download the System Mechanic download manager via your internet

    BalasHapus
  37. Download Webroot Geek Squad Antiviurs If you own a device or system and you are connecting it to internet or another device then you must have antivirus software. webroot.com/safe Virus or any risky threat like Malware, Trojan, Spyware, Rootkit or online hacking or attack can steal your data and damage your system.

    BalasHapus
  38. Hulu supports a wide variety of devices that you can use to stream with us. hulu.com/activate You can activate any of them at any time, as well as remove them from your account

    BalasHapus
  39. Are you looking for activating your Roku com link? This can turn your tv into up to date streaming gadget, roku.com/link you can stay advanced and stay

    BalasHapus
  40. We provide help for issues like Hulu Plus not working, Hulu activation code & account settings. hulu.com/activate for more about how to sign in to www Hulu com & manage devices click hulu activate here

    BalasHapus
  41. Roku works by downloading video from the web, you at that point watch on your TV. The video isn't spared as it's viewed while Roku downloads or "streams" the video. Applications or "stations" are programs you load onto your Roku gadget that give you different films and TV appears. roku.com/link This works a lot of like introducing applications on a cell phone or tablet.

    BalasHapus
  42. Activate your product. Activation normally occurs when you install your software, but if it hasn't, you can activate at any time. 1 Right-click the McAfee icon in your taskbar. mcafee.com/activate 2 From the menu, select Activate

    BalasHapus
  43. A progressing Microsoft statement gives some comprehension of how the association designs the landing of new Office 365 ProPlus features. office.com/setup Microsoft uses the equivalent "channels" language for MS Office 365 ProPlus incorporates revives as it does with Windows 10 feature invigorates.

    BalasHapus
  44. Norton help to verify your devices against antiviruses and help to progress and keep up your information from compitetior. Present norton in your pc norton.com/setup click here for nuances.

    BalasHapus
  45. In the event that you are keen on Hulu spilling administration, at that point you need the Hulu to activate which permit you a full membership of administration that gives the hulu.com/activate 200+ U.S advertise neighborhood communicate system, for example, CBS, ABC, Fox, NBC, and so forth

    BalasHapus
  46. Download McAfee from and McAfee antivirus install.mcafee.com/activate after installation, you can follow steps for McAfee product download with activation code menu to activate McAfee.

    BalasHapus
  47. To protect your device from being damaged and hacked mcafee.com/activate
    user is advised to use mcafee antivirus. Get started with mcafee today at mcafee.com/activate.

    BalasHapus
  48. If you are getting trouble in your hulu activation code Then you are at the best we will give you a complete guide of setup ing your Hulu Device instantly with out any trouble. hulu.com/activateclick hulu activate here.

    BalasHapus
  49. Roku provides the simplest way to stream entertainment to your TV. roku.com/link On your terms. With thousands of available channels to choose from.

    BalasHapus
  50. To protect your device from being damaged and hacked mcafee.com/activate user is advised to use mcafee antivirus. Get started with mcafee today at mcafee.com/activate.

    BalasHapus
  51. Norton help to verify your devices against antiviruses and help to progress and keep up your information from compitetior. Present norton in your pc norton.com/setup click here for nuances.

    BalasHapus
  52. Norton web security is commonly used antivirus gives the least requesting to use and most intutive affirmation for your PC and norton.com/setup your mobiles .present it and negligence viruses,spyware,root-units - , Download norton 360 hackers.for more nuances visit.

    BalasHapus
  53. Collaborate for free with online versions of Microsoft Word, PowerPoint, Excel, and OneNote. office.com/setup Save documents, spreadsheets, and presentations online, in OneDrive.

    BalasHapus
  54. McAfee's indestructible shied makes sure that your computer always remains safe and secure no matter at what site you are browsing. mcafee.com/activateIt also offers an ultimate and reliable shield against malicious or suspicious emails that contain links to unsafe websites.

    BalasHapus
  55. Norton offers different type of security suites that consists different features and protects your systems differently. norton.com/setup If you are a Norton user and you want to subscribe the plan then go with the process.

    BalasHapus
  56. To activate office setup you need to visit office.com/setup where you can find what all you can do on office setup.

    BalasHapus
  57. office Remote turns your phone into a smart remote that interacts with Microsoft Office on your PC. office.com/setup The app lets you control Word, Excel, and PowerPo int from across the room, so you can walk around freely during presentations.

    BalasHapus
  58. Antivirus programming, for example, Webroot SecureAnywhere Antivirus baffles malware in two or three different ways. webroot.com/safe install webroot with key code It filters information and squares infections that it recognizes. What's more, it evacuates malware that is as of now held up in a PC.

    BalasHapus
  59. Hulu activate - If you are getting trouble in your hulu activation code Then you are at the best we will give you a complete guide of setup. Hulu activate - If you are getting trouble in your hulu activation code Then you are at the best we will give you a complete guide of setup. Skip to content. hulu.com/activate Recent posts . Sbcglobal phone number ; Oncor outage map .

    BalasHapus
  60. Enter 25 digit activation code is necessary to activate mcafee.com/activate  McAfee is an antivirus software that helps you protect your device and personal / important information or data from Threats, Viruses, Malware, Trojans, and so on.

    BalasHapus
  61. Casino App | Play with $10 Free + $10 Casino Bonus Code
    Play 김해 출장안마 casino online 논산 출장안마 games, slots, 경상북도 출장마사지 poker and table games 성남 출장샵 in your browser with no download required. New and experienced casino players will 구미 출장마사지 have access to the best

    BalasHapus
  62. logo design what an great web i like it the most

    BalasHapus